Tragedi Pengeboman "MacDonald House" di Singapura

Kamis, 13 Februari 2014
Belakangan ini sedang hangat-hangatnya pemberitaan tentang "Kontroversi" Penamaan KRI Usman-Harun .Usman-Harun sendiri adalah anggota KKO ( Korps Komando Operasi) . Yang meledakan Gedung MacDonald House di Singapura ( Pada waktu itu , masih tergabung dengan Malaysia ) .

Dan Saat ini Nama Pahlawan "Usman - Harun" akan dijadikan nama KRI yang sedang dipesan oleh Pemerintah RI , Tetapi Singapura merasa keberatan , dan meminta Pemerintah RI untuk berfikir 2x untuk memberi nama untuk KRI tersebut .


Tragedi Pengeboman Macdonald House di Singapura
Dan Sobat SeDUN14 yang belum mengetahui Tragedi "Pengeboman MacDonald House" Silahkan dibaca :


Pengeboman MacDonald House
terjadi pada tanggal 10 Maret 1965 di gedung Hongkong and Shanghai Bank (dikenal dengan nama MacDonald House) yang terletak di Orchard Road, Singapura. Bom waktu tersebut dipasang oleh dua orang Indonesia yang merupakan anggota Korps Komando Operasi, Harun Said dan Usman Hj Mohd Ali pada saat berlangsungnya Konfrontasi. Tiga orang meninggal dunia dan sedikitnya 33 orang dicederai.

Sejak tahun 1963, pemerintah Indonesia telah menentang penyatuan Malaysia. Pemerintah Singapura mengatakan bahwa Indonesia kemudian mengirimkan orang-orang yang bertujuan menyabotase keadaan di Singapura dan Malaysia dengan mengeksploitasikan perbedaan ras di kedua negara serta merusak instalasi-instalasi penting. Menurutnya, orang-orang kiriman tersebut kemudian meledakkan bom di tempat-tempat umum untuk menciptakan ketegangan dan panik. Pengeboman di MacDonald House merupakan pengeboman yang paling serius dari seluruh pengeboman-pengeboman yang terjadi di Singapura. Dua korban yang tewas berasal dari suku Tionghoa sedangkan satunya lagi adalah orang Melayu.
Setelah kejadian tersebut, petugas-petugas dari Departemen Keamanan Dalam Negeri serta Kepolisian Singapura menangkap Harun dan Usman. Keduanya dihukum gantung pada tahun 1968.Dan Jenazah Beliau Diterbangkan ke Indonesia dan dimakamkan di Indonesia .

Tragedi Pengeboman MacDonald House di Singapura

Tidak ada komentar:

Posting Komentar