Sejarah Penemuan WWW

Minggu, 24 November 2013
 
WWW merupakan suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut Pengidentifikasi Sumber Seragam untuk mengenal pasti sumber daya berguna. 

Sir Barners saat itu bergabung dengan Badan penelitian nuklir Eropa yang pertama terhubung dengan jaringan internet adalah Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire (CERN). CERN merupakan organisasi kumpulan 9 ribu fisikawan dari 18 negara di seluruh dunia, yang bertempat di Jenewa Swiss. 

Tepatnya pada Maret 1989, Tim Berners-Lee bersama peneliti lain dari CERN mengusulkan pembuatan sistem penyebaran iniformasi di internet, yang dapat menjadi jalan bagi seluruh anggotanya di seluruh dunia berbagi informasi baik berupa catatan, naskah ilmiah, foto bahkan dalam bentuk grafik. Akan tetapi saat itu tim ini tidak mampu menyelesaikannya sehingga upaya ini dihentikan. 

Dua tahun berselang, Tim Berners kembali menulis ulang program komputernya. Kini mereka berhasil menciptakan browser, sejenis perangkat penjelajah internet. Ia juga membuat beberapa halaman web yang bisa diakses. Ini adalah versi pertama dari World Wide Web, nama yang dicetuskan sendiri oleh Berners-Lee dan biasa disingkat WWW. 

Berners menciptakan seperangkat kode yang dinamai Hyper Text Markup Language (HTML), yang berfungsi mengatur tampilan pada halaman web. Sementara halaman tersebut bisa diakses melalui Hyper Text Terminal Program (HTTP). 

Kemudian pada 1992, seorang mahasiswa di National Center for Supercomputer Applications (NCSA) dari University of Illinois melihat beberapa literatur www dan tertarik mendalaminya. Ia bekerja sama dengan temannya Marc Andreessen mendalami www dan litelaturnya.

Setelah menjalani penelitian, pada Mei 1993, Marc Andreesen dan beberapa murid dari NCSA berhasil membuat Web browser yang bernama Mosaic untuk sistem X-Windows. Sistem ini berbasiskan grafik dan yang mudah untuk digunakan. 

Ternyata Dalam beberapa bulan saja, Mosaic berhasil menarik perhatian dunia. Pada tahun 1994, Marc Andreesen meninggalkan NCSA, dan kemudian bersama Jim Clark, membuat Netscape versi pertama. Kehadiran Netscape ini menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser.

Pada akhir 1994, banyak orang mulai menggunakan browser. Tanpa dipicu penanaman modal, halaman web bertumbuh di internet. Karena mudah, semua orang bisa membuat halaman web. Pada tahun 1993, terdapat 130 server web di internet. Setahun kemudian jumlahnya meningkat menjadi 2.738, dan pada bulan Juni 1995 terdapat 23.500 server web. Di akhir tahun 1995 jumlah ini telah berkembang mencapai sekitar 300.000 web site. 

Saat ini diperkirakan jumlah pemakai Web telah mencapai jutaan pemakai diseluruh. Kurang lebih 30% dari server web yang tengah beroperasi saat ini berada di komputer dalam domain komersial, dan disebagian industri, dimana keberadaaan perusahaan web sama pentingnya dengan memiliki telpon atau faks bagi tujuan komunikasi bisnis. Web sekarang telah menjadi media yang sangat penting bagi periklanan dan alamat web sekarang sudah umum dijumpai pada majalah, surat kabar, dan iklan televisi.

Sementra itu pada bulan Juni 2007 Berners-Lee yang merupakan penemu WWW mendapatkan penghargaan paling bergengsi di Inggris Raya, Order of Merit. Penghargaan ini merupakan penghargaan personal Ratu Inggris. Dimana sang Ratu tidak membutuhkan nasihat dari siapapun untuk memberikannya. Hanya 24 orang yang sampai sekarang masih hidup mendapatkan kehormatan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar